Langsung ke konten utama

Pengertian Analisis Sistem dan Fungsinya

Pengertian Analisis Sistem dan Fungsinya – Berbeda dengan analisis data yang lebih pada cara untuk mengelolah data menjadi sebuah informasi. Sedangkan anaisis sistem ini lebih kepada penjabaran dari suatu sistem informasi yang telah dihasilkan. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ulasan mengenai pengertian analisis sistem dan fungsinya yang akan kami kupas secara tuntas untuk anda.

Pengertian Analisis Sistem

Analisis sistem ialah penjabaran dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam berbagai bagian komponennya dengan maksud agar bisa mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam masalah atau hambatan yang timbul pada sistem sehingga nantinya bisa dilakukan penanggulangan, perbaikan dan juga pengembangan.
Lalu orang yang atau kelompok yang melakukan perbaikan atau perancangan suatu sistem dinamakan dengan sistem analis. Sistem analis adalah orang atau kelompok yang melaksanakan pengembangan sistem. Sistem analis menekuni permasalah ataupun kebutuhan pada suatu sistem dan sistem analis juga merupakan orang yang bertanggung jawab atas terjadinya proses analisa ataupun perancangan pada sistem informasi.
  Pengertian Internet - Intranet, Fungsi dan Manfaat

Funsi Sistem Analisis

  1. Bisa mengidentifikasikan masalah-masalah dari user atau pemakai.
  2. Dapat menentukan secara akurat mengenai tujuan yang harus didapatkan agar bisa memenuhi kebutuhan pengguna.
  3. Bisa memilih metode alternatif dalam memecahkan masalah pada sistem.
  4. Bisa merencanakan maupun menerapkan rancangan sistem sesuai dengan apa yang dikehendaki penggunanya.

Tanggung Jawab Sistem Analis

  1.  Pengambilan data yang efektif dari sumbernya
  2. Aliran data pada sistem
  3. Pemprosesan dan penyimpanan data
  4. Aliran dari informasi yang berguna kembali pada proses maupun pemakainya.

Tugas Umum dan Teknis Dari Sistem Analis

  • Menghimpun dan menganalisa dokumen atau file yang berhubungan dengan sistem yang sedang berjalan.
  • Menyusun dan menyampaikan laporan untuk perbaikan sistem yang sedang berjalan pada pengguna.
  • Mendesain sebuah sistem perbaikan dan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada komputer.
  • Melakukan analisa, menyusun anggaran ataupun keuntungan yang diperoleh pada sistem yang baru.
  • Mengawasi berbagai macam aktivitas yang terjadi pada sistem yang baru dibuat.

Tugas Teknis dari Sistem Analis

  • Mempersiapkan gambaran kerja di dalam sistem yang baru.
  • Melaksanakan penyusunan prosedur untuk pengawasan kerja.
  • Melaksanakan penyusunan Data Flow Diagram (DFD), Structured Analysis and Design Technique (SADT) dan FlowChart untuk melaksanakan perancangan pada sistem yang baru dengan lebih mendetail.
  • Melaksanakan perancangan pola penagawan pada data yang bersifat sangat pentig.
  • Melaksanakan penyusunan terhadap dokumen dan juga berbagai file agar bisa dipakai pada komputer supaya sistem yang baru dibuat bisa berjalan dengan efektif dan lancar.
  • Melaksanakan perancangan pada bentuk input maupun outputnya agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengguna.
  • Melaksanakan penyusunan dokumentasi yang ada kaitannya dengan pekerjaan yang dilakukan oleh sistem analis dalam merancang suatu sistem yang baru.
  Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Menurut Ahli

Langkah Kerja Dari Sistem Analis

  1. Melakukan identifikasi permasalahan yang ada pada sistem
  2. Melakukan studi kelayakan dan juga memahi kinerja dari sistem yang ada
  3. Melakukan analisa dan juga perancangan sistem
  4. Melakukan penerapan sistem
  5. Melakukan evaluasi dan pemeliharaan sistem

Pribadi Dari Sistem Analis

  1. Bisa bekerjasama dengan suatu tim
  2. Bisa berkomunikasi dengan baik
  3. Selalu bersikap sopan dan santun
  4. Menghargai pendapat teman yang ada dalam tim
  5. Mempunyai sikap yang tegas
  6. Memiliki kreativitas dan invoasi yang tinggi, dan lain-lain
Demikianlah penjelasan yang singkat tentang pengertian analis sistem,semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Flowchart Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Dasar Flowchart Definisi flowchart secara sederhana adalah: - Penggambaran langkah-langkah atau urutan-urutan prosedur suatu aktivitas/program dalam bentuk grafik. - Bagan-bagan sebagai simbol arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah/aktivitas/program. Intinya flowchart adalah bagan untuk menggambarkan urutan langkah penyelesaian masalah. Tujuan pembuatan flowchart Setelah mengetahui definisi flowchart, maka kita akan dengan mudah mengetahui tujuan dibuatnya flowchart ini.  Tujuannya adalah: - Menolong para analis untuk memecahkan masalah ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil untuk menyederhanakan masalah. - Membantu para analis untuk menganalisis alternatif-alternatif pemecahan masalah. - Mempermudah penyelesaian masalah termasuk dalam masalah dalam kehidupan sehari-hari. - Menjadi alat untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah. Simbol flowchart yang sederhana  Simbol pada flowchart terbagi ti

Cort Acoustic Electric Guitar:

New Release Cort Acoustic Electric Guitar: Rp. 3.250.000,- Specification: 6 String Solid Spruce Top with Mahogany back & Sides Mahogany Neck Rosewood Fingerboard 20 Fret Fishman Isys Plus - Sonicore pickup Rosewood Bridge
Pengertian UML Dan Jenis-Jenisnya Serta Contoh Diagramnya Inilah pengertian UML dan jenis-jenisnya serta beberapa contoh diagramnya . Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama mengenai UML dan penjelasannya secara lengkap dapat kamu baca di artikel ini. A. Penjelasan UML Apa itu UML? Yang dimaksud dengan UML adalah UML merupakan singkatan dari “Unified Modelling Language” yaitu suatu metode permodelan secara visual untuk sarana perancangan sistem berorientasi objek, atau definisi UML yaitu sebagai suatu bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi, perancangan dan juga pendokumentasian sistem software. Saat ini UML sudah menjadi bahasa standar dalam penulisan blue print software. B. Tujuan atau fungsi dari penggunaan UML Inilah beberapa tujuan atau fungsi dari penggunaan UML, yang diantaranaya: Dapat memberikan bahasa permodelan visual kepada pengguna dari berbagai macam pemerograman maupun proses rekayasa. Dapat menyatukan praktek-prakte